Agar kemampuan dan kecerdasan otak berkembang, asupan gizi memang wajib diberikan. Namun tak hanya itu, ada nature dan nurture.

“Faktor yang mempengaruhi adalah nature dan nurture. Nature itu berkaitan dengan unsur genetik anak. Sedangkan nurture itu stimulasi dan nutrisi. Nah, suplemen itu masuk ke nutrisi. Nature dan nurture itu fifty-fifty,” kata psikolog Rose Mini di Jakarta, Rabu (22/4).

Untuk itu, lanjutnya, tidaklah cukup seorang anak pintar secara genetik dan mendapat asupan nutrisi yang cukup. Mereka harus dirangsang dengan berbagai aktifitas. “Stimulus itu bisa dengan musik, berbahasa, kegiatan fisik dengan ketangkasan dan bermain,” kata Rose.

Lebih lanjut ia menjelaskan betapa pentingnya bermain bagi anak-anak untuk merangsang kemampuan otaknya. Permainan yang dimaksud adalah permainan yang melibatkan gerakan fisik dan bersama orang lain, seperti main dokter-dokteran. Permainan tersebut bisa membuat anak belajar berabstraksi, kreatif, berkemampuan bahasa dan belajar bersosialisasi.

“Kalau mau digambarkan anak-anak itu seperti spong,” kata Rose. Artinya, di masa yang masih sangat muda, banyak hal diserap. Pengalaman yang paling banyak didapatkan adalah dengan bermain.

“Banyak-banyaklah memberi kesempatan kepada anak untuk menyerap pengalaman. Bermain game di komputer dan PS (play station) kurang mendukung,” pungkas Rose.

Aswid says : Saya adalah ibu yg bekerja dan hampir menghabiskan waktu diluar rumah karena kesibukan bekerja, saat ini suami jg kebetulan bekerja di luar kota dan seminggu sekali pulang kerumah. Putra kami Dasha selama kami bekerja diasuh oleh ibu saya. Meskipun demikian sebisa mungkin ketika kami sudah ada dirumah perhatian dan asuhan anak seratus persen saya dan suami yg handle. Sehari2 juga saya terus menjalin bonding dengan anak ketika pagi waktu dia bangun, seringnya sih bercanda, bernyanyi, bermain dengan flash card, dan jalan2 di pagi hari dengan kereta dorongnya (hehe..meski itu semua masih di dalam rumah). Tp buat saya yg terpenting komunikasi dan stimulus2 kecil untuk perkembangannya tetep harus jalan….