Dari berbagai sumber, saya menarik kesimpulan bahwa sejak kecil anak harus sudah diperkenalkan dengan 3 kata ini, agar sejak dini si kecil sudah bisa berlaku sopan santun terhadap sesama terutama dengan orang2 yang kesehariannya berada disekitar si kecil. Kata-kata tersebut adalah :

1. Terimakasih, selalu ajarkan si kecil mengucapkan kata ini setiap kali dia menerima pemberian dari kita, keluarga atau orang lain. Agar anak senantiasa bersyukur atas pemberian tersebut.

2. Tolong, ajarkan kata dan beri contoh si kecil setiap kali kita meminta bantuan kepada siapapun dengan harapan si kecil juga akan meniru dan melakukannya setiap kali dia ingin dibantu oleh siapapun juga. Harapannya si kecil akan menjadi anak yg berbudi dan jauh dari sikap angkuh dan “bossy”.

3. Maaf. Setiap ada kesalahan biasakan mengucap kata maaf dengan tulus dan mengekspresikan kata maaf dengan perbuatan, misalnya memeluk atau mencium tangan… Harapannya semoga si kecil menjadi anak yg bijaksana, berani mengakui kesalahan dan juga bisa bertanggung jawab tidak mengulangi kesalahannya.