Life is a journey, and no matter what… we should try to become a meaningful person to the one who really care to us. Hati kita rasanya tidak akan pernah bisa membohongi diri kita sendiri… sejauh apapun kita menghindar dan dengan segala cara apapun kita berusaha mengelak hati kecil pasti akan masih ada untuk menuntun kita memilih mana yang benar dan mana yang salah. Selama hati masi bicara dan nurani masi membimbing insyaAllah kita akan selalu ditunjukkan jalan yang benar. Hati yang membantu dan kepala yang yang ikut membantu justru akan menjauhkan kita dari semuanya itu. Bagaimana itu semua bisa terjadi… berawal bagaimana kita menyikapinya, apakah kita termasuk orang yang bersedia mendengarkan orang lain terutama orang terdekat kita suami, orang tua, kakak, adik atau bahkan sahabat, apakah kita termasuk orang yang selalu berusaha untuk lebih baik dari sebelumnya, atau apakah kita termasuk orang bisa mensyukuri apapun yang sudah kita miliki hari ini. Alhamdulillah jika ketiga hal tersebut sudah bersemayam dan memenuhi hati kita di sepanjang hari kita melangkah.

Aku menulis sebagai bentuk self reminder untukku sendiri

Karena pada dasarnya introspeksi berawal dari diri sendiri dan juga orang lain sebagai pengontrol. Belakangan ini ada pikiran yang terus membayangiku. Apakah keputusan yang kami ambil benar… atau apakan keputusan kami ini mengandung kedzaliman untuk orang lain. Astaghfirullahalazim… semoga saja tidak. Kukembalikan ke hati nuraniku… Yaa Allah semoga saja keputusan yang kami ambil bisa menjadi pembuka pintu hidayahmu untuk mereka. Membantu saudara adalah hal yang harus dilakukan, akan tetapi dibalik pertolongan itu ada baiknya juga menjadi salah satu sarana bagi mereka untuk terus maju dan bisa merubah dan menata hidup mereka. Bukannya terus berpangku tangan menunggu dan meminta kembali pertolongan dari saudara yang lainnya.

Belajar bukan hanya untuk usia pelajar, sepanjang kita masi diberi usia seharusnyalah kita terus belajar. Yaa Allah tempat aku meminta dan memohon, Yaa Allah… Yaa Latif… Yaa Ghaffar… berilah hambamu ini kekuatan untuk bisa menghadapi hari ini esok dan seterusnya… dan juga selalu bimbinglah hati kami ini untuk selalu mengetahui jalan yang benar itu kelihatan benar dan sebaliknya jalan yang salah selalu terlihat salah. Aminn Yaa Rabb…